Tidur Sebelum Jam 11 Malam Untuk Detoksifikasi

0 8

Apa lagi yang bisa dilakukan untuk menjaga imun tubuh? Memang ada banyak cara yang bisa Anda kerahkan. Namun Gia Pratama, Kepala Instalasi Gawat Darurat (IGD) RS Prikasih, menyebut ada tiga hal yang bisa dilakukan.Pertama, tidur sebelum jam 23.00 dan bangun sebelum jam 05.00. Anda pun akan memperoleh tidur cukup selama 6-7 jam per hari.

“Tidur sebelum jam 11 malam itu untuk detoksifikasi. Bangun sebelum jam 5 memancing nitrit yang membuat pembuluh darah elastis,” jelas Gia dalam sebuah webinar kesehatan, seperti dikutip dari Antara, Minggu (8/8).

Kedua, olahraga 150 menit per minggu. Anda bisa membaginya menjadi 30 menit per sesi olahraga selama 5 hari.

Olahraga di sini berarti aktivitas untuk meningkatkan denyut jantung semisal jalan kaki, lari atau renang. Sedangkan mengepel, menyapu atau pekerjaan rumah tangga lain termasuk aktivitas fisik, bukan olahraga.

Ketiga, memenuhi asupan nutrisi baik makro maupun mikro. Makronutrien terdiri dari karbohidrat, protein dan lemak.

Umumnya, kebutuhan karbohidrat sebesar 45-65 persen dari total kalori harian, protein sebanyak 1 gram per kilogram berat badan, kemudian lemak sehat sebanyak 20 persen dari total kalori harian.

Mikronutrien terdiri dari vitamin dan mineral. Berkaitan dengan sistem imun, mikronutrien yang diperlukan seperti zinc, vitamin C juga D.

Jika ingin mengonsumsi suplemen atau tambahan makanan berupa vitamin perlu memperhatikan kondisi. Maksimal asupan vitamin C, misal, sebanyak 2.000 miligram, tetapi sebenarnya 1.000 miligram pun sudah cukup.

“Tergantung kondisi. Setiap individu mempunyai toleransi berbeda terhadap asamnya vitamin C, sehingga ini menjadi pertimbangan dosis vitamin C harian,” imbuhnya.

Untuk mencukupi kebutuhan nutrisi, sebaiknya Anda mengandalkan dari makanan. Protein, lemak sehat, vitamin serta zinc bisa diperoleh dari tuna, tongkol dan salmon.

Seminggu tiga kali dengan menu tersebut sudah bisa memenuhi kebutuhan tubuh. Sedangkan vitamin C bisa diperoleh dari buah dan sayur seperti, jambu biji, kiwi, paprika, pepaya, jeruk, brokoli maupun tomat.

Loading...