7 Tips Pelihara Kucing untuk Pemilik Baru

0 5

Adopsi kucing di masa pandemi Covid-19 dapat menjadi salah satu opsi mengingat banyak kegiatan berpindah ke rumah. Selain sebagai teman, memiliki hewan peliharaan juga disebut dapat membantu meredakan kesepian dan kebosanan.

Jika Anda berniat melakukan adopsi dan memelihara kucing, hal utama yang perlu dilakukan adalah memastikan Anda berkomitmen untuk merawat si kucing dengan maksimal dan bertanggung jawab.

Setelah itu, Anda bisa mulai memenuhi beberapa kebutuhan dan perilaku sehari-hari kucing yang perlu diperhatikan.

Berikut sejumlah tips untuk para pemilik kucing baru dari dokter hewan Siti Zaenab dalam keterangannya kepada CNNIndonesia.com.

1. Pastikan kucing nyaman

Siti mengatakan hal pertama yang penting diperhatikan adalah memastikan si kucing merasa nyaman dengan tempat tinggalnya.

Menurutnya, ini dapat tercapai dengan adanya tempat tidur yang nyaman, mangkuk makanan, mangkuk air, dan kotak kotoran yang diletakkan di tempat yang mudah terpantau.

2. Dorong kucing aktif bergerak

Kegiatan yang mendorong kucing untuk aktif bergerak juga penting untuk merangsang pertumbuhan sehatnya.

Oleh karena itu, pemilik dapat mengisi rumah dengan berbagai macam hiburan seperti mainan interaktif dan pohon kucing.

3. Konsultasi ke dokter

Berkonsultasi dengan dokter hewan yang dapat dipercaya sehingga pemilik merasa nyaman juga sangat penting karena dokter hewan adalah sumber informasi terpercaya sepanjang perjalanan hidup si kucing.

Nasihat dari dokter hewan mencakup keputusan kesehatan penting, mulai dari mendapatkan vaksin inti hingga kontrol untuk mengatasi masalah seperti parasit, kutu dan tungau.

Dokter hewan juga dapat memberikan pandangan ahli tentang pilihan makanan terbaik dengan kandungan nutrisi lengkap, yang sangat penting untuk memastikan pertumbuhan yang optimal.

Loading...